Kegiatan Pembinaan Masyarakat Peduli Api (MPA) Lingkup Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Tahun 2021

NTB PROV

Kegiatan Pembinaan Masyarakat Peduli Api (MPA) Lingkup Balai Taman Nasional Gunung Rinjani Tahun 2021 dilaksanakan mulai hari Rabu selama dua hari mulai tanggal 1-2 Desember bertempat di Villa Bambu Rinjani Desa Senaru Kab. Lombok Utara.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan penyegaran dan meningkatkan pengetahuan kelompok MPA sekaligus updating kelompok MPA yang masih eksis membantu TNGR dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Kegiatan ini di buka secara resmi oleh Dedy Asriady selaku Kepala Balai TNGR, dan dihadiri tamu undangan dari Danramil Bayan, Kepala Desa Loloan, perwakilan Kepala Desa Senaru dan juga Kepala SPTN Wilayah I TNGR.

Dalam kesempatan ini Dedy Asriady memberikan arahan dan dorongan supaya anggota MPA jauh lebih utama memahami terkait tindakan pencegahan kebakaran dibandingkan upaya pemadaman, serta pentingnya keikutsertaan anggota MPA dalam penanganan kebakaran hutan di Rinjani karena jika terjadi kebakaran di kawasan Rinjani akan berdampak juga terhadap kesejahteraan masyarakat lingkar Rinjani yang sebagian besar anggota MPA merupakan pelaku wisata di Rinjani.

Adapun pemateri di kegiatan ini berasal dari Dinas LHK Prov. NTB, Balai TNGR, Koramil Bayan, Sat Brimob Polda NTB, KPH Rinjani Barat dan KPH Rinjani Timur.

Dengan materi yang disampaikan antara lain :

a. Kebijakan KemenLHK dalam bidang Pengendalian kebakaran hutan di kawasan konservasi

b. Pencegahan kebakaran hutan

c. Pengenalan peralatan pemadaman kebakaran hutan

d. Kesamamptaan

e. Teknik pemadaman kebakaran dan,

f. SAR dan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K)

Giat ini dihadiri sebanyak 30 orang peserta yang berasal dari Desa Senaru, Loloan, Sambik Elen wilayah SPTN I TNGR, dan Desa Sembalun Lawang, Sembalun Bumbung, Sembalun Timba Gading, Sajang wilayah SPTN II TNGR.
 

#Masyarakat Peduli Api (MPA)
#Pembinaan MPA


Taman Nasional Gunung Rinjani © 2022 All Rights Reserved. Code by Sasambo Developer

Jl. Dr. Soedjono, Jl. Lingkar Selatan, Jempong Baru, Kec. Sekarbela, Kota Mataram,
Nusa Tenggara Barat 83361

7.30 AM - 4:00PM