Kegiatan Pendampingan Identifikasi/Karakterisasi Alpukat Varietas Lokal Unggul

NTB PROV

Rabu (5/5/2021), bertempat di Desa Timbanuh, Kec. Pringgasela Kabupaten Lombok Timur
Karyawan Balai TN Gunung Rinjani /Kepala Resort Kembang Kuning (Bpk. M. Faisyal) melakukan kegiatan Pendampingan Identifikasi/Karakterisasi Alpukat Varietas Lokal Unggul.

Adapun hasil dari kegiatan ini sbb : 
1. BPTP NTB mengapresiasi inisiasi dari Balai TNGR, dan kegiatan ini sebagai wujud kerja sama lintas KL dan Pemda.
2. Disepakati bahwa nama varietas yang akan diajukan yakni :"MARTA IJO TIMBANUH".
3. Varietas jenis ini memiliki kelebihan :
a. Berat rata-rata 840,46 gr/buah dengan rasa buah lebih legit.
b. Pertumbuhan cepat, berdaun lebat dan perawakan serta batang besar dan kokoh sehingga buah tidak gampang rontok.
c. Tahan lama sehingga dapat ditunda waktu pemanenan dan memungkinkan petani untuk menjualnya pada saat akhir musim (dengan harga tinggi).
d. Lebih tahan hama dan berbuah sepanjang tahun (minimal 2 kali/tahun).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan penyusunan rencana kelompok dalam rangka peningkatan ekonomi produktif, dimana pada pertemuan 2 minggu sebelumnya teridentifikasi potensi produk utama Kelompok Tani Turunan Jaran adalah Alpukat.

Berdasarkan hasil rapat tersebut tim pendampingan akan memfasilitasi masyarakat dan pemdes Timbanuh untuk identifikasi varietas alpukat unggul lokal melalui identifikasi awal dan penyusunan surat permohonan kepada BPTP NTB (Kementan) pada hari kamis tgl 29 April 2021 lalu. 

Menindaklanjuti surat tersebut, hari ini 5 Mei 2021 Tim pemuliaan tanaman BPTP NTB  melakukan identifikasi/karakterisasi alpukat varietas unggul lokal dengan melakukan pengambilan sampel identifikasi berupa morfologi (batang, daun, bunga, buah dan biji). 

Kegiatan ini dilakukan di kebun milik Kepala Desa Timbanuh (anggota Klp tani Turunan Jaran) dan dihadiri oleh BPTP NTB, BTNGR, Pemdes Timbanuh, UPT-PP Kec. Pringgasela, Klp Tani Turunan Jaran, Babinsa dan Polmas Timbanuh.

Adapun tindak lanjut kegiatan antara lain; 
1. Hasil identifikasi akan disampaikan oleh Tim kepada Pemkab Lotim untuk ditinjaklanjuti melalui surat permohonan penetapan varietas lokal oleh bupati Lombok Timur. 
2. Mengingat potensi, kelebihan dan nilai ekonomi varietas ini maka perlu dilakukan pengembangan  budidayanya.
3. BTNGR melalui kegiatan bantuan pengembangan ekonomi produktif akan melakukan pengembangan usaha pada KT Turunan Jaran, dan selanjutnya Dinas Pertanian melalui Kepala UPT-PP  Kec. Pringgasela akan menyampaikan salah satu program yang akan dilaksanakan untuk mendukung adalah penanganan hama kutu yang banyak menyerang Alpukat di Desa Timbanuh dan sekitarnya.
4. Desa Timbanuh akan dideklarasikan sebagai Desa Alpukat.

#Alpukat varietas lokal unggul


Taman Nasional Gunung Rinjani © 2021 All Rights Reserved. Code by Sasambo Developer

Jl. Dr. Soedjono, Jl. Lingkar Selatan, Jempong Baru, Kec. Sekarbela, Kota Mataram,
Nusa Tenggara Barat 83361

7.30 AM - 4:00PM