Peningkatan SDM dan Usaha Ekonomi Masyarakat Desa Sekitar Resort Joben, SPNT II TNGR

NTB PROV

Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar, Resort Joben TNGR, kurang lebih sebulan ( pertengahan Mei sd Juni 2021 ) menginisiasi berbagai pelatihan yang bertujuan untuk Peningkatan SDM Dan Usaha ekonomi masyarakat di desa-desa sekitar Resort Joben ,SPW II Lotim TNGR.

Pelatihan yang diselenggarakan terdiri dari: 

  1. Pelatihan keterampilan dasar bagi Porter pemula,
    kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama TNGR, Pemdes Tetebatu dan Pokdarwis Kampung Wisata Tetebatu. Pelatihan ini berupa pelatihan memasak dan penyiapan treking equipment, biar semeton rinjani kalau mendaki Rinjani Via Tetebatu bisa mendapatkan pelayanan yang memuaskan mengingat jalur pendakian ini merupakan jalur Baru yang diresmikan bulan April 2021dan pelatihannya dilaksanakan di alam terbuka
  2. Pelatihan Inovasi Pakan Ternak.
    Kegiatan ini ditujukan untuk kelompok-kelompok pemanfaat HHBK Lingkup Resort Joben, yaitu di Desa Tetebatu, Pringgajurang Utara, Pesanggrahan, Perian Dan Jenggik Utara. Pelatihan ini menggandeng Himpunan Mahasiswa Peneliti, Pengembang, Pengabdi Ilmu Peternakan ( HMP3IP) Faterna Universitas Mataram NTB. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk membantu masyarakat sekitar mempunyai keahlian di dalam pengolahan pakan ternak, sehingga ketergantungan terhadap pakan rumput dari dalam kawasan perlahan bisa dikurangi dengan memanfaatkan bahan-bahan pakan yang yang ada di sekitar kita, seperti jerami, kulit kopi, jagung, dedak, kulit singkong dll.
    Adapun sistem pakan yang diajarkan antara lain : silase, hay, dan sistem fermentasi. Jadi harapannya kelestarian hutan tetap terjaga dan masyarakat juga semakin sejahtera.
  3. Dan pelatihan yang terakhir, yaitu Pelatihan pembuatan survenir berupa gantungan kunci bahan resin. Kegiatan ini di berikan kepada Kelompok masyarakat yang tergabung dalam KMPH sadar Lestari Joben. Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat mempunyai Usaha kreatif yang menunjang kegiatan Wisata dimasing-masing destinasi. Jadi bisa untuk menambah pendapatan masyarakat sekitar.

Pelatihan ini mendatangkan pengajar, Abdul Hayi, seorang seniman yang berasal dari masyarakat pinggir kawasan.  Beliau terkenal dengan karyanya yang kreatif mulai dari kaos lukis, lukisan dll.

#Pelatihan Resort Joben
#Peningkatan SDM Joben


Taman Nasional Gunung Rinjani © 2021 All Rights Reserved. Code by Sasambo Developer

Jl. Dr. Soedjono, Jl. Lingkar Selatan, Jempong Baru, Kec. Sekarbela, Kota Mataram,
Nusa Tenggara Barat 83361

7.30 AM - 4:00PM