Evakuasi Korban Kecelakaan di Jalur Pendakian Sembalun

NTB PROV

Terjadi kecelakaan pendakian di Taman Nasional Gunung Rinjani di jalur pendakian Sembalun. Berawal dari Petugas mendapat laporan dari salah satu Trekking Organizer (TO) pada Minggu (7/8) sore pukul 17.00 WITA  yang menyatakan bahwa tamunya mengalami kecelakaan terpeleset jatuh saat melintas turun dari arah Plawangan Sembalun menuju Danau Segara Anak di sekitar lokasi KM 10, sehingga menyebabkan korban mengalami sakit pada kedua lutut dan tidak bisa berjalan.

Dan atas bantuan porter dan guide korban digendong sampai di area camp Danau Segara Anak. Informasi data korban teridentifikasi sebagai WNA sesuai dengan tiket registrasi dan kode booking di eRinjani.

Selanjutnya, pada hari Senin pagi (8 Agustus 2022) pukul 08.30 WITA petugas TNGR mengerahkan tim evakuasi yang terdiri dari 10 porter dan 2 tenaga medis dan bergerak menuju lokasi korban (area camp Danau Segara Anak).

Tim evakuasi tiba di lokasi korban pada pukul 16.00 WITA dan langsung melakukan pemeriksaan serta penanganan medis terhadap kondisi korban. Kemudian pukul 17.00 WITA, tim evakuasi bergerak membawa korban menggunakan tandu menuju Plawangan Sembalun dan tiba di Shelter Emergency Plawangan Sembalun pada pukul 21.00 WITA untuk beristirahat, selanjutnya tim melanjutkan perjalanan kembali pada pukul 23.00 WITA.

Tim evakuasi bersama korban tiba di batas kawasan TNGR pada Hari Selasa dini hari (9 Agustus 2022) pukul 03.30 WITA dalam keadaan selamat dan aman.

Bagi para pendaki, dianjurkan selalu berhati-hati dalam melakukan pendakian. Perhatikan kondisi fisik dan jangan memaksakan diri jika lelah istirahatlah sejenak, pulihkan stamina untuk mulai melanjutkan perjalanan kembali. Stay safety, Keep healthy!

#Evakuasi kecelakaan


Taman Nasional Gunung Rinjani © 2022 All Rights Reserved. Code by Sasambo Developer

Jl. Dr. Soedjono, Jl. Lingkar Selatan, Jempong Baru, Kec. Sekarbela, Kota Mataram,
Nusa Tenggara Barat 83361

7.30 AM - 4:00PM