Kegiatan Bersih Gunung Rinjani Bersama Kelompok Masyarakat Adat

NTB PROV

Gunung Rinjani menawarkan pemandangan indah bagi para pengunjung. Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl tersebut menjadi favorit wisatawan dari dalam dan luar negeri. Rinjani sebagai gunung berapi tertinggi ke dua di Indonesia menyajikan landscape menarik diantaranya padang rumput, hutan tropis, danau kawah dengan Gunung Baru Jari di tengahnya, mata air panas, air terjun, gua serta kawasan berpasir di sekitar puncak. Di balik keindahan yang ditawarkan, Gunung Rinjani tidak terlepas dari permasalahan sampah milik para pendaki yang berserak di sepanjang jalur pendakian Gunung Rinjani.

Upaya menangani permasalahan sampah di Gunung Rinjani, Balai TN Gunung Rinjani telah melaksanakan kegiatan clean up/bersih sampah di jalur pendakian Gunung Rinjani secara rutin. Kegiatan ini dilakukan di dua lokasi jalur pendakian yaitu jalur Senaru Resort Senaru SPW I TNGR dan Jalur Sembalun, Resort Sembalun SPW II TNGR. Kegiatan clean up di Resort Senaru dilakukan oleh kelompok masyarakat adat Desa Senaru yang berjumlah 6 orang bersama rekan-rekan dari Resort Senaru. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 8 s.d 11 Oktober 2020. Lokasi clean up Senaru dilakukan di sepanjang jalur pendakian senaru dan camping area, Danau Segara Anak, serta di pemandian air panas dan sekitarnya.
Tim Clean Up masyarakat adat Desa Senaru berhasil membawa turun sampah seberat 35 kg terdiri dari sampah pastik, botol kaca, dan kaleng.

Kegiatan patroli clean up di Resort Sembalun dikoordinir oleh Kepala Resort Sembalun dengan tim pelaksana yang terdiri dari Kelompok MPA (Masyarakat Peduli Api) yang berjumlah 6 orang dilaksanakan sejak tanggal 6-9 Oktober 2020. Lokasi clean up Sembalun dilakukan di pada sepanjang jalur Sembalun dan camping area pendakian Sembalun. Mari selamatkan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

#clean up rinjani


Announcement TNGR
Show All
News TNGR
Show All
TNGR
Festival Rinjani Begawe

byYan / 27 Aug 2020

TNGR
Rinjani Begawe

byYan / 27 Aug 2020

Taman Nasional Gunung Rinjani © 2020 All Rights Reserved. Code by Sasambo Developer

Jl. Dr. Soedjono, Jl. Lingkar Selatan, Jempong Baru, Kec. Sekarbela, Kota Mataram,
Nusa Tenggara Barat 83361

7.30 AM - 4:00PM