Kegiatan Clean Up kali ini dilakukan di Jalur pendakian Torean menuju Danau Segara Anak pada tanggal 2 s.d 5 September 2022.

NTB PROV

Kegiatan Clean Up kali ini dilakukan di Jalur pendakian Torean menuju Danau Segara Anak pada tanggal 2 s.d 5 September 2022.

Dari pelaksanaan kegiatan clean up ini dihasilkan sampah sebanyak 73,9 kg, dengan rincian  sampah :
- Botol plastik : 1,7 kg / 36 unit,
- Kaleng :  3,5 kg / 26 unit,
- Plastik :  25 kg ,
- Campuran :  37 kg, dan 
- Botol kaca :   6.7 Kg / 21 unit.

Dari 38 kali kegiatan clean up di jalur pendakian  Taman Nasional Gunung Rinjani pada tahun 2022, terdata sebanyak 606,10 kg total sampah yang berhasil dibawa turun.

Balai TNGR dalam pengelolaan pendakian sudah melakukan langkah-langkah mengatasi masalah sampah, baik melalui penyuluhan oleh petugas pada pintu masuk pendakian, pemeriksaan pack in pack out barang bawaan, termasuk barang bawaan yang menghasilkan sampah pada saat masuk dan ke luar pendakian, pemasangan papan peringatan sampah, serta pemberian sanksi blacklist.
Dan saat ini TNGR sedang mensosialisasikan tagline Pendaki Cerdas, yaitu pendaki gunung yang peduli diri, kawan, dan lingkungan.

Semeton Rinjani, semoga dengan adanya langkah-langkah ini, diharapkan dapat memberikan dampak terhadap pengurangan sampah yang dihasilkan dari aktifitas pendakian dengan meningkatnya kesadaran dari para calon pendaki di Rinjani.

Apapun yang dilakukan pengelola tidak akan berarti apa-apa tanpa dukungan kesadaran dari semeton semua untuk tidak membuang sampah sembarangan.
 

#clean up rinjani


Taman Nasional Gunung Rinjani © 2022 All Rights Reserved. Code by Sasambo Developer

Jl. Dr. Soedjono, Jl. Lingkar Selatan, Jempong Baru, Kec. Sekarbela, Kota Mataram,
Nusa Tenggara Barat 83361

7.30 AM - 4:00PM