Penandatanganan Bersama Piagam Rinjani

NTB PROV

Hari ini, 13 Desember 2020 telah diadakan Penandatanganan Piagam Rinjani dan Sosialisasi Kebijakan Pemulihan Ekosistem. Sekaligus dirangkai pula dengan Soft Launching Jalur Pendakian Wisata Rinjani yang berlangsung di Ulem-ulem, Desa Tetebatu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Balai TNGR dengan Geopark Rinjani Lombok serta kerja sama pokdarwis dengan masyarakat desa Tete Batu.

Tete batu merupakan desa wisata tertua di lombok, pada kesempatan ini juga akan dilakukan soft launching jalur pendakian tetebatu setelah mendapatkan restu dari Dirjen KSDAE.

Kepala Balai TNGR, Dedy Asriady, S.Si, M.P. dalam sambutannya menyebutkan bahwa Rinjani adalah epicentrum terhadap semua sendi kehidupan, “menjaga gunung rinjani juga berarti menjaga keberadaban pulau lombok, menjaga rinjani juga memastikan kawasan strategis pariwisata nasional”.

Dalam kesempatan ini, Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah yang turut hadir memberikan semangat kepada kepala desa, pemuka adat, anak-anak muda, untuk tidak memaknai rinjani sebagai benda mati, namun rinjani adalah sesuatu yg hidup. “Ketika memaknai Rinjani dengan sesuatu yang hidup, akan ada kesadaran bahwa dia akan lahir, bahwa dia akan tumbuh, ataupun sakit, saat sakit kita akan rawat, kalau tidak hati hati maka ia akan mati.”

Pada acara ini juga diberikan penghargaan kepada Local Champion oleh Kepala Balai TNGR sebagai bentuk apresiasi atas jasa-jasa yang telah dilakukan selama ini.

#piagam rinjani


Taman Nasional Gunung Rinjani © 2021 All Rights Reserved. Code by Sasambo Developer

Jl. Dr. Soedjono, Jl. Lingkar Selatan, Jempong Baru, Kec. Sekarbela, Kota Mataram,
Nusa Tenggara Barat 83361

7.30 AM - 4:00PM