Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Dirjen KSDAE dengan Bupati Lotim tentang Kerja Sama Pengembangan Destinasi Wisata Otak Kokoq Joben dan Revitalisasi Fungsi Hutan Pesugulan Taman Nasional Gunung Rinjani

NTB PROV

Selasa 23 Februari 2021, bertempat di destinasi wisata alam Otak Kokoq Joben, Resort Joben SPW II TNGR, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Bapak Ir. Wiratno, M.Sc menandatangani Nota Kesepahaman Pengelolaan Destinasi Wisata Otak Kokoq Joben bersama Bupati Lombok Timur Bapak HM Sukiman Azmy MM, disaksikan oleh Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Siti Rohmi Djalilah dan Kepala Balai TNGR Bapak Dedy Asriady, S.Si., MP.
 
Adanya Nota Kesepahaman ini dapat mengembalikan fungsi dan mengoptimalkan nilai manfaat kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, menyediakan payung hukum bagi Ditjen KSDAE dan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dalam mengadakan kerja sama serta solusi dalam penyelesaian permasalah yang selama ini timpang tindih dalam pengelolaan destinasi wisata Otak Kokoq Joben dan Revitalisasi Fungsi Hutan Pesugulan Taman Nasional Gunung Rinjani.
 
“Dengan demikian maka kolaborasi antara pemda Lombok timur dengan TNGR yang direstui oleh pak dirjen adalah merupakan solusi yang manis terhadap bagaimana upaya Kab. Lotim bisa meraih PAD yang sebesar-besarnya pada masa yang akan datang dan juga tidak mengurangi hak-hak dari pada TNGR untuk memelihara kelestarian alam ini bersama-sama dengan kita.” Ujar Bupati Lombok Timur saat memberikan sambutan pada acara ini.
 
“Alhamdulillah kalau ditanya bagaimana perasaan saya, saya sungguh berbahagia sekaligus terharu karena apa yang kita sepakati saat ini, yang kita lakukan hari ini memiliki dampak yang luar biasa.” Ujar wagub NTB. Pada kesempatan ini beliau juga mengajak kita agar meneguhkan diri untuk bergotong royong memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan.
 
Sementara itu Dirjen KSDAE menegaskan bahwa Hutan Indonesia memiliki interaksi sosial ekonomi politik cultur, dan gejala alam sehingga sudah menjadi kewajiban kita untuk mengembangkan kemitraan konservasi. Selain itu beliau menambahkan “Komunikasi yang empati maka semua persoalan dapat diselesaikan. Untuk menyelesaikan masalah, kita tidak boleh menjdi bagian dari masalah itu.”
 
Dalam giat ini turut Kepala Dinas LHK Provinsi NTB, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, OPD Lingkup Kabupaten Lombok Timur, Kepala Balai Taman Nasional Tambora, Geopark Rinjani Lombok, Geopark Tambora. Dalam kesempatan tersebut, Dirjen KSDAE juga memberikan penghargaan kepada Wakil Gubernur NTB, Bupati Lombok Timur, Wakil Bupati Lombok Timur, Kepala BPSDM Kabupaten Lombok Timur, Camat Sembalun, Kepala Desa Pesanggrahan, dan Local Champions yang ada di Wilayah Kabupaten Lombok Timur.
 
Semeton rinjani, mari kita jaga, pelihara, dan lestarikan lingkungan alam kita karena keindahan alam adalah pinjaman dari generasi yang belum lahir dan menjadi warisan terbaik untuk diberikan ke anak cucu kita di masa yang akan datang.
 
Salam Lestari!
Salam Konservasi!

##DrijenKSDAE #Wiratno #tngr #lotim #otakkokoqjoben


Taman Nasional Gunung Rinjani © 2021 All Rights Reserved. Code by Sasambo Developer

Jl. Dr. Soedjono, Jl. Lingkar Selatan, Jempong Baru, Kec. Sekarbela, Kota Mataram,
Nusa Tenggara Barat 83361

7.30 AM - 4:00PM