Petugas TNGR dan MPA Bertindakcepat Dalam Mengatasi Kebakaran Dalam Kawasan TNGR

NTB PROV

Pada hari Rabu (22/06) terjadi kebakaran dalam kawasan hutan Taman Nasional Gunung Rinjani di wilayah Dasan Petung Desa Sembalun Timba Gading, Wilayah Resort Sembalun SPTN Wilayah II. Kebakaran terjadi di titik koordinat  08°32'25.73" S 116°29'59.82".

Luas areal yang terbakar sekitar 3.4 H dan dipenuhi vegetasi yang mudah terbakar seperti rumput semak, perdu, alang-alang dan dedaunan kering. Lokasi kebakaran memiliki tofografi yang bertebing dan agak curam, kecepatan angin yang relatif tinggi dan vegetasi yang mudah terbakar menjadi beberapa faktor Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) tersebut menjadi cepat meluas.

Informasi kebakaran berawal dari laporan masyarakat kepada petugas terkait adanya kebakaran hutan di dalam kawasanTNGR.  Petugas TNGR bersama MPA bertindak responsif atas laporan karhutla  dari masyarakat dan langsung menuju lokasi kebakaran untuk melakukan pemadaman mulai sekitar pukul 13.15 WITA sampai api berhasil dipadamkan pada pukul 15.30 WITA

Api dapat dikendalikan oleh Team Siaga Dalkarhut Manggala Agni BTNGR setelah team melakukan kegiatan Mop_Up. Belajar dari Kejadian tersebut, memasuki musim kemarau tahun ini sangat di himbau bagi para pengunjung dan sahabat pendaki untuk bijak dalam menggunakan api saat memasuki kawasan TAMAN NASIONAL GUNUNG RINJANI, dan pastikan Api yang digunakan benar- benar telah padam sebelum meninggalkan Kawasan.

MARI KITA JAGA KEUTUHAN DAN KELESTARIAN KAWASAN RINJANI, DENGAN BERSAMA_SAMA MENCEGAH KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN.

#Kebakaran


Taman Nasional Gunung Rinjani © 2022 All Rights Reserved. Code by Sasambo Developer

Jl. Dr. Soedjono, Jl. Lingkar Selatan, Jempong Baru, Kec. Sekarbela, Kota Mataram,
Nusa Tenggara Barat 83361

7.30 AM - 4:00PM