Taman Nasional Gunung Rinjani Terima Satwa Serahan dari DAMKARMAT Lombok Timur

NTB PROV

Pada hari Selasa (30/11/2022) pukul 11.57 WITA, Kepala SPTN Wilayah II TNGR menerima kedatangan tamu dari Dinas  DAMKARMAT (Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan) Kab. Lombok Timur an. Sofiyan Hadi (Kepala Seksi Penyelamatan dan Evakuasi Damkar Lotim), Hirwan Wadi (Danton Rescue Damkar Lotim), dan Abdul Aziz (Danru Rescue Damkar Lotim).

Kedatangan mitra tersebut dalam rangka menyerahkan 1(satu) ekor satwa liar jenis Ular Sanca Kembang (𝑀𝑎𝑙𝑎𝑦𝑜𝑝ℎ𝑦𝑡𝑜𝑛 𝑟𝑒𝑡𝑖𝑐𝑢𝑙𝑎𝑡𝑢𝑠) dengan panjang sekitar 5 meter. Satwa liar tersebut merupakan hasil serahan dari Sekolah Polisi Negara (SPN) Belanting kepada DAMKARMAT Lombok Timur.

Balai TN Gunung Rinjani memberikan apresiasi yang tinggi atas kepedulian DAMKARMAT Lombok Timur dalam menjaga keberlangsungan hidup satwa liar. Selanjutnya satwa liar tersebut untuk sementara direhabilitasi di Kantor Seksi Pengelolaan TN Wilayah II Selong untuk nantinya dilepasliarkan di kawasan TN Gunung Rinjani.

Kawasan TN Gunung Rinjani sebagai kawasan konservasi merupakan rumah alami bagi satwa/hidupan liar untuk melangsungkan hidupnya. Oleh karena itu, tidak jarang masyarakat maupun mitra menyerahkan satwa liar yang dijumpai atau dimiliki kepada Balai TN Gunung Rinjani untuk dilepasliarkan di kawasan TN Gunung Rinjani.

Tumbuhan dan Satwa liar yang merupakan bagian dari keanekaragaman hayati memegang peranan penting dalam rantai kehidupan bahkan keberlanjutan hidup manusia. Mari bersama-sama kita jaga dan lestarikan keanekaragaman hayati kebanggaan kita.

#Satwa TNGR


Taman Nasional Gunung Rinjani © 2023 All Rights Reserved. Code by Sasambo Developer

Jl. Dr. Soedjono, Jl. Lingkar Selatan, Jempong Baru, Kec. Sekarbela, Kota Mataram,
Nusa Tenggara Barat 83361

7.30 AM - 4:00PM