Yang Istimewa Dari Taman Nasional Gunung Rinjani Lombok

NTB PROV

Gunung Rinjani bukan sekedar gunung biasa. Ia merupakan gunung merapi yang masih aktif. Disamping itu, disini pula kita bisa melihat panorama alam sekitar yang tidak kalah indah dibandingkan ketika kita melihat pemandangan sekitar pantai. Bahkan disini pula kita bisa menyaksikan sunrise dan sunset dengan lebih indah. Lalu apa saja keistimewaan lain yang dimiliki gunung ini?

  • Kekayaan flora

Ada yang membuat gunung Rinjani begitu spesial dibandingkan dengan gunung-gunung lainnya yaitu kekayaan floranya.

Jika kita melakukan pendakian ke gunung ini, maka disetiap 1000 meter perjalanan kita akan disuguhi jenis flora yang berbeda-beda. 1000 meter pertama, ada flora yang beragam jenisnya dan bercampur menjadi satu keindahan yang luar biasa.

Lalu di ketinggian 2000 meter kita dapat menyaksikan pohon cemara gunung yang berjejer dengan rapi. Pada ketinggian 3000 meter, kita bisa menemukan keindahan bunga edelweiss yang menjadi bunga favorit para pendaki. Sungguh unik bukan?

  • Pesona Fauna

Selain ragam flora, di taman nasional Gunung Rinjani Lombok kita juga dapat menemukan ragam pesona fauna. Hal ini karena gunung ini merupakan Taman Nasional yang memang dijaga kelestarian habitat alamnya.

Ragam jenis fauna seperti burung, rusa, landak, serta beberapa jenis monyet hidup damai disini. Monyet-monyet disini memang sangat lucu tingkahnya namun kita harus sedikit waspada karena mereka senang mencuri makanan wisatawan.

  • Cantiknya danau

Selain kekayaan flora dan fauna, di gunung Rinjani ini kita bisa mampir ke danau cantik yaitu Danau Segara Anak. Danau ini terletak diketinggian 2010 meter diatas permukaan laut.

Pemandangan danau ini bisa menghilangkan penat setelah mendaki sejauh 2000 meter. Segara Anak memiliki kedalaman sekitar 230 meter dengan airnya yang jernih kebiruan. Danau Segara Anak juga masih dipenuhi dengan ragam mitos yang berkembang dikalangan masyarakat lokal.

#tngr
#ntb
#rinjani


Announcement TNGR
Show All
News TNGR
Show All
TNGR
Festival Rinjani Begawe

byYan / 27 Aug 2020

TNGR
Rinjani Begawe

byYan / 27 Aug 2020

Taman Nasional Gunung Rinjani © 2020 All Rights Reserved. Code by Sasambo Developer

Jl. Dr. Soedjono, Jl. Lingkar Selatan, Jempong Baru, Kec. Sekarbela, Kota Mataram,
Nusa Tenggara Barat 83361

7.30 AM - 4:00PM